rumah pohon papua

Di Papua terdapat rumah pohon Papua suku Korowai yang membangun rumah mereka di atas pohon dengan ketinggian mencapai 50 meter di atas tanah. mereka membangun rumah mereka di pohon-pohon yang sangat tinggi supaya tidak diganggu oleh binatang. Mereka hidup dengan cara suku mereka sendiri yang cukup aneh. Mereka tinggal di Papua New Guinea.

Masyarakat adat Korowai dijuluki orang pohon karena selalu membuat rumah yang berada di atas pepohonan. Rumah pohon Papua terbuat dari dahan dan ranting kayu. Suku Korowai mempunyai populasi 3.000 orang dan merupakan salah satu suku paling aneh di dunia. Mereka masih tetap terisolasi dari peradaban modern dan memiliki banyak kebiasaan aneh. Beberapa dari mereka juga ada yang kanibal dan tinggal di rumah pohon.

Papua yaitu suatu propinsi terluas di Indonesia yang berada di bagian tengah Pulau Papua atau berada di bagian paling timur West New Guinea (Irian Jaya). Pada bagian Timur merupakan negara Papua Nugini atau East New Guinea. Propinsi Papua dahulu mencakup wilayah Papua bagian barat sehingga sering disebut sebagai Papua Barat terutama oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM). OPM yaitu gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari Indonesia dan membentuk negara sendiri. Nama propinsi ini diganti menjadi Papua sesuai UU No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua. Pada tahun 2003, terjadi protes terhadap penggabungan Papua Tengah dan Papua Timur. Papua dibagi menjadi dua propinsi oleh pemerintah Indonesia yaitu bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya menjadi Provinsi Irian Jaya Barat. Setahun kemudian Provinsi Irian Jaya Barat menjadi Papua Barat. Bagian timur inilah yang menjadi wilayah Provinsi Papua pada saat ini.